Minggu, 07 April 2013

Multimedia

Multimedia

Topik yg disampaikan :
- Definisi, Sejarah dan Manfaat Multimedia
- Karakteristik aplikasi multimedia
- Persiapan perangkat pendukung multimedia
- Pemahaman tentang gambar dan cara mengolahnya
- Pemahaman teks dan cara mengolahnya
- Pemahaman Animasi dan cara mengolahnya
- Pemahaman tentang Sound dan cara mengolahnya
- Pemahaman tentang video dan cara mengolahnya
- Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah percetakan dan iklan
- Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah pertelevisian
- Pengolahan unsur-unsur multimedia ke arah pendidikan

Assessment 1 Multimedia, [MCC11-03], [30111357]

Download Lengkap Pada Link Berikut:

“SEJARAH MULTIMEDIA”
-  Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
-  Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
-  Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
-  Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
-  Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.


“DEFINISI MULTIMEDIA”
Pengertian multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “Multi” dan “Medium”. Yang berarti :
Multi (Latin noun) bermacam-macam, banyak
Medium (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
Medium (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Beberapa definisi menurut para ahli :
  • Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
  • Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
  • Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001)
  • Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:
    Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan Multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
A.        Klasifikasi Multimedia
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Perception Media
Perception media merupakan penggunaan media dalam membantu manusia untuk merasakan lingkungannya. Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan computer? Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran? Penerimaan informasi yang diterima manusia melalui indera “pendengaran” dan atau “penglihatan” tentunya akan mengalami perbedaan persepsi.
Aspek pada presentation medium :
1.      Aspek Representation space : sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata. Misalnya kertas, layer, slide show, banner, poster dsb
2.      Aspek Representation Values : nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
o    self contained (isi presentasi itu sendiri)
o    Predifined Symbol set (makna dari symbol) misalnya teks, ucapan, gerak tubuh
3.      Aspek Representation Dimension
o    Ruang (space)
o    Waktu (time) :
§  Time independent (tidak bergantung terhadap waktu), discreet (text, grafis)
§  Time dependent (bergantung terhadap waktu) continous media (video, audio sinyal dari sensor yang berbeda)
4.      Representation Medium (media yang digunakan untuk mempresentasikan informasi) dalam hal ini dengan format apa informasi akan disajikan.
5.      Presentation Medium (media penyajian)
Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi. Melalui media apa informasi disajikan oleh computer?
Output :kertas, layer, speaker
Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
6.      Storage Medium (media penyimpanan)
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi. Dimanakah informasi akan disimpan (micro film, hard disk, floppy disk, flash disk, CD-ROOM, DVD, VCD, SDCard dsb.
7.      Transmission Medium (Media Pengiriman)
Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi (pengiriman) data secara kontinyu (tidak termsuk media penyimpanan). Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda dapat dipertukarkan? (melalui jaringan menggunakan kabel (coaxial, fiber optic) atau melalui udara terbuka (wireless).
8.      Information Exchange Medium (media penukaran informasi)
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi.
Bagaimana informasi yang berbeda saling dipertukarkan? (direct transmission dengan jaringan computer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

B.        Kategori Multimedia Berdasarkan Mediumnya
1. Multimedia Content Production (produksi konten multimedia)
Multimedia content production dapat diartikan sebagai penggunaan media untuk penyajian produk-produk informasi berbasis kreatif. Misalkan animasi, musik digital, video dan sebagainya. Media tersebut tentunya juga beragam dan akan sangat mempertimbangkan untuk apa dan untuk siapa informasi tersebut disajikan. Contoh : banner, film kartun, web, cd interaktif, iklan, special effect dsb.
2. Multimedia Communication (komunikasi multimedia)
Multimedia komunikasi dapat diartikan penggunaan media untuk kegiatan komunikasi baik dalam bentuk audio, teks dan atau audio visual. Contoh : kegiatan chatting, sms, teleconference, video conference.

C.         Sistem Multimedia
System multimedia adalah sesuatu yang dapat mengatur terdukungnya penggunaan lebih dari satu media. Bagaimana sebuah system dapat dikatakan system multimedia?;

1. Kombinasi Media
System disebut system multimedia apabila kedua jenis (discreet/contnous)media dipakai. Contoh media diskrit : teks, grafik dan media kontinyu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antara media tersebut. System disebut system multimedia apabaila tingkat ketergantungan/keterkaitan antara media rendah.
3. Computer-Supported Integration
System harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. System dapat deprogram oleh system programmer/user.


“MANFAAT MULTIMEDIA”
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu, biaya dan ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan penyimpanan informasi dengan cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dalam pemakaian ruang dan dengan biaya yang relative murah.
Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) ;

  • Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
  • Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
  • Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
  • Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Mengacu pada hasil penelitian tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya.
Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya :
  • Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting!
  • Mengubah cara belanja. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas internet
  • Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia. Belajar on-line, e-learning dengan menggunakan e-book
  • Dll.


KARAKTERISTIK APLIKASI MULTIMEDIA”
Aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan sebagainya. Beberapa aplikasi multimedia tentu saja memiliki karakteristik. Berikut adalah beberapa karakteristik dari berbagai aplikasi multimedia

A. Aplikasi Pengolah Teks
Text mungkin bukan merupakan media paling kuno yang digunakan oleh manusia dalam menyampaikan informasi; suara (sound) adalah media yang lebih dahulu digunakan di dalam menyampaikan informasi. Para filusuf Yunani , bahkan para Nabi menggunakan suara sebagai media utama untuk menyebarkan ajarannya. Namun di dalam penggunaannya di dalam komputer text adalah media yang paling awal dan juga paling sederhana.
Aplikasi yang banyak digunakan untuk pengolah teks misalnya : Microsoft word, word star for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks yang bersifat open sources seperti open office writer, KWiter dan Abi Word. Karakteristik dari aplikasi pengolah teks, diantaranya:
1.      Dapat menyampaikan informasi yang padat (condensed).
2.      Dapat menyampaikan materi yang rumit dan komplek seperti rumus-rumus matematika atau penjelasan suatu proses yang panjang.
3.      Teknologi yang digunakan untuk menampilkan text pada layar komputer relatif lebih sederhana dibandingkan teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini juga lebih murah bila dibandingkan media-media lain .
4.      Dapat digunakan sebagai media input maupun umpan balik (feedback).
B. Aplikasi Pengolah Audio
Socrates pernah berujar bahwa suara adalah imitasi terbaik bagi pikiran maka suara adalah media terbaik untuk menyampaikan informasi. Bagi Socrates text adalah imitasi dari suara, dengan demikian sebagai penyampai pikiran text bukanlah media yang ideal karena ia hanyalah imitasi dari suatu imitasi. Pendapat Socrates mungkin ada benarnya karena suara adalah media yang secara natural telah dimiliki oleh manusia sehingga suara adalah media yang paling alami. Karakteristik dari aplikasi pengolah audio, diantaranya:
1.      Memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
2.      Memerlukan software dan hardware yang spesifik (dan mungkin mahal) agar suara dapat disampaikan melalui komputer dengan sangat natural dan baik.
C. Aplikasi Pengolah Graphics
“A picture is worth a thousand words" Peribahasa ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar di dalam pembelajaran mampu menjelaskan banyak hal bila dibandingkan dengan media text. Karakteristik dari aplikasi pengolah graphics, diantaranya:
1.      Dapat mengidentifikasi obyek-obyek.
2.      Dapat mengklasifikasikan obyek.
3.      Mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek.
4.      Mampu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
D. Aplikasi Pengolah Animasi
Animasi adalah salah satu daya tarik utama di dalam suatu program multimedia interaktif. Bukan saja mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain, animasi juga memiliki daya tarik estetika sehingga tampilan yang menarik dan eye-catching akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam proses pembelajaran. Karakteristik dari aplikasi pengolah animasi, diantaranya:
1.      Dapat menunjukkan obyek dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu obyek)
2.      Dapat menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan kedalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik)
3.      Dapat menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misal menjelaskan tegangan arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
4.      Dapat menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
E. Aplikasi Pengolah Simulasi
Media simulasi mirip dengan animasi, tetapi ada satu perbedaan yang menonjol ! Bila dalam animasi kontrol dari pengguna hanyalah sebatas memutar ulang maka di dalam simulasi kontrol pengguna lebih luas lagi. Pengguna bisa memasukkan variabel-varibel tertentu untuk melihat bagaimana besarnya variabel berpengaruh terhadap proses yang tengah dipelajari. Sebagai contoh pada simulasi pembentukan bayangan oleh suatu lensa, pengguna dapat mengubah sendiri nilai indeks bias dan kelengkungan lensa sehingga pengguna dapat melihat secara langsung bagaimana variabel-variabel tersebut berpengaruh terhadap pembentukan bayangan. Karakteristik dari aplikasi pengolah simulasi, diantaranya:
1.      Mampu menyediakan suatu tiruan yang bila dilakukan pada peralatan yang sesungguhnya terlalu mahal atau berbahaya (misal simulasi melihat bentuk tegangan listrik dengan simulasi oscilloscope atau melakukan praktek menerbangkan pesawat dengan simulasi penerbangan).
2.      Mampu menunjukkan suatu proses abstrak di mana pengguna ingin melihat pengaruh perubahan suatu variabel terhadap proses tersebut (misal perubahan frekwensi tegangan listrik bolak balik yang melewati suatu kapasitor atau induktor)
F. Aplikasi Pengolah Video
Karakteristik dari aplikasi pengolah video, diantaranya:
1.      Dapat memaparkan keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian
2.      Sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya pemaparan.
3.      Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi.
4.      Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media text.
5.      Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).


“PERSIAPAN PERANGKAT PENDUKUNG MULTIMEDIA”
Berikut adalah perangkat-perangkat yang mendukung multimedia dalam sebuah komputer.
1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
windows meia player
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.
2. CD / DVD ROM
Asus-DVD-E616
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
3. Sound Card
soundcard1
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Pengertian-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
5. TV Tuner
external-tv-tuner-card
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.
6. Speaker
speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset, Sound dll.


“PEMAHAMAN TENTANG GAMBAR DAN CARA MENGOLAHNYA”
Menurut Oemar Hamalik (1986:43) berpendapat bahwa “ Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran”. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001: 329) “ Gambar adalah tiruan barang, binatang, tumbuhan dan sebagainya.”
Menurut Arief Sadiman, Dkk (2003: 28-29): Media grafis visual sebagimana halnya media yang lain. Media grafis untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar proses penyampian pesan dapat berhasil dan efisien.

Cara Membuat Sepatu Roti Pada Photoshop

1. Untuk kasus ini kita akan menggunakan sepatu Boot. Klik File > Open atau CTRL+O untuk membuka gambar sepatu boot tersebut, klik gambar untuk memperbesar.
2. Selanjutnya cari gambar roti, masukkan gambar roti pada area gambar sepatu boot dengan cara Klik File > Place, dan akan terlihat seperti gambar berikut kemudian klik Enter.
3. Pada panel layer, Setting Blending Mode menjadi Darken.
4. Kemudian gunakan Move Tool untuk memposisikan gambar roti dengan sepatu, sehingga terlihat seperti gambar berikut. 
5. Gunakan Magnetic Lasso Tool untuk membuat seleksi pada bagian roti, seperti gambar berikut.
6. Selanjutnya pada panel layer klik icon Add Layer Mask untuk menyembunyikan objek gambar roti di luar area seleksi. Objek gambar roti yang berada di luar area seleksi akan disembunyikan pada layer mask, maka akan terlihat seperti gambar berikut. 
7. Kemudian kita akan membuat layer baru di atas layer roti atau layer background. Pada panel layer klik layer background, lalu klik icon Create New Layer, masih pada layer baru selanjutnya klik Brush Tool, pilih Soft Round Pressure Size, dan sesuaikan ukuran Brush Tool'nya dengan Size : 20px, untuk ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu pada panel Swatches pilih warna White.
8. Klik dan tahan pada sela-sela potongan roti, lalu sapu secara perlahan hingga sela-sela potongan roti terlihat dengan jelas. lihat gambar berikut.
9. Masukkan gambar tetesan madu pada area gambar sepatu dengan klik File > Place, lalu pada option bar setting W : 200% dan H : 200% lalu tekan Enter.
10. Pada panel layer tetesan madu setting Opacity : 60%, sehingga gambar madu akan terlihat transparan. GunakanMove Tool untuk memposisikan gambar tetesan madu. seperti gambar berikut.
11. letakkan layer tetesan madu diatas layer gambar roti, lalu gunakan Pen Tool, pada option bar pilih opsi Paths dan opsi Exclude Overlapping Path, mulai membuat jalur garis path. Lihat gambar dibawah ini. Untuk penggunaan Pen Tool ini jika ada yang belum mengerti nanti di lain kesempatan saya akan membuatkan tutorial Cara Menggunakan Pen Tool. 
12. Masih menggunakan Pen Tool, klik kanan pada area gambar, lalu pilih Create Vector Mask, maka background gambar di luar jalur garis path akan disembunyikan. 
13. Klik pada area kosong di bawah panel paths untuk menghilangkan jalur garis paths.
14. Duplikasikan gambar tetesan madu dengan cara klik Layer > Duplicate Layer, lalu klik tombol OK. Pada layer tetesan madu yang baru diduplikasi ubah Opacity menjadi 100%. Seperti terlihat pada gambar berikut. Jika masih terlihat jalur garis paths, untuk menghilangkannya sama seperti cara nomor 13.
 

15. Klik Rectangular Marquee Tool, lalu buat seleksi seperti gambar berikut.
16. Pada panel layer klik icon Add Layer Mask, seperti gambar berikut.
17. Dan Sepatu Roti siap disajikan. Silahkan dinikmati.


“PEMAHAMAN TEKS DAN CARA MENGOLAHNYA”


Ø  Teks merupakan salah satu media utama yang diperlukan dalam sesebuah perisian multimedia sama ada sebagai menu utama, sistem navigasi (navigation) ataupun bagi tujuan penyampaian sesuatu isi kandungan perisian.

Ø  Teks dalam bentuk perkataan, ayat dan perenggan adalah digunakan untuk menyampaikan sesuatu idea, buah fikiran dan fakta yang berkaitan dengan apa jua aspek dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ø  Jadi, tidak mustahil jikalau sesebuah produk multimedia itu bergantung kepada teks didalam kebanyakan perkara seperti didalam menerangkan bagaimana sesuatu aplikasi bekerja, membantu pengguna didalam menerokai sesuatu aplikasi dan untuk menyebarkan maklumat melalui aplikasi – aplikasi yang telah direkabentuk.

Cara Membuat Teks Terbakar
Kali ini kita akan BELAJAR membuat teks yang terbakar. ikuti langkah-langkahnya berikut ini

Tutorial Photohop ini diarsipkan di ilmugrafis dalam kategori Teks Effect

1 Buat document baru 800 x 600 Pixel
2. Berikan warna Background hitam, kemudian buat teks hingga seperti gambar
3. Kemudian restireze teks dengan cara klik kanan pada layer teks dan pilih restireze, lihat gambar:
4. Kemudian berikan efek wind (Klik Menu Filter > Stylis > Wind ),
atur sesuai gambar: kemudian ulangi lagi efek wind ato bisa langsung tekan Ctrl + F 2x ( untuk mengulangi efek yang terakhir digunakan)
5. Berikan efek wind lagi ( ulangi langkah no 4 ) bedanya pada pengaturan direction (from the right dan from the lift). 
Hasilnya kira-kira seperti ini: 
6. Ok sekarang kita putar 90 cw ( klik edit  > transfrom > rotate 90 derajat cw ) seperti ini:
7. Nah sekarang kita kasih lagi efek wind (ulangi langkah 4 dan 5 ). Hasilnya: 
8. kita rotate kembali agar kembali kesemula yaitu (Klik Edit > Transfrom > Rotate 90 derajat Ccw )
9. Kini tinggal ngasih deh apinya, siapkan korek ya hehe…
sebelumnya kita ubah mode warna ke Grayscale ( klik image > mode > grayscale ), lalu kita ubah lagi ke indexed color ( klik image > mode > indexed color )

10. Terakhir kita sulut deh apinya dengan color table ( Klik Image > Mode > Color Table ), dan atur sesuai dengan gambar:

Hasil Akhirnya:
Teks Api


“PEMAHAMAN ANIMASI DAN CARA MENGOLAHNYA”
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Cara Membuat Animasi Bergerak
Animasi Gif yang bergerak dan bergonta ganti memang terlihat sangat beda ketika kita gunakan sebagai wallpaper atau screensaver di hp atau ponsel kita. Hape akan terlihat lebih hidup dan berwarna. Cara membuatnya tentu sangat mudah, yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah gambar yang akan kita jadikan animasi gif. Kita kumpulkan beberapa gambar dan kita folder sendiri. Untuk membuatnya, ada dua cara mudah. Yang pertama bisa kita gunakan Tool online atau situs pembuat animasi gif dan yang kedua bisa menggunakan bantuan photoscape.
Membuat Animasi Secara Online
Banyak sekali situs yang membantu kita membuat animasi gif. Sebagai satu contoh, disini kita gunakan layanan gratis dari http://gickr.com/
Situs ini akan membantu dalam membuat animasi gif dengan 3 Langkah mudah.
1. Upload Foto yang akan di buat Animasi Gif.
2. Atur ukuran dan kecepatan pergantian gambar
3. Lihat preview dan Download.
Membuat Animasi dengan bantuan photoscape.
Selain bisa kita gunakan untuk mengedit gambar dasar, Photoscape bisa juga kita gunakan untuk membuat animasi bergerak. Cara penggunaanya juga sangat mudah.
1. Di Photoscape ada sebuah menu dengan nama Gif Animasi.
2. Masukkan beberapa gambar yang ingin di buat GIF kedalam halaman ini.
3. Atur ukuran juga juga efek perubahannya.
4. Simpan gambar.
Untuk memperjelas langkah diatas, berikut ini ScreenShot dari Photoscape
gambar animasi


“PEMAHAMAN TENTANG SOUND DAN CARA MENGOLAHNYA”
Dalam multimedia, salah satu elemen yang ada di dalamnya adalah  audio atau suara. Berdasarkan pakar multimedia yang bernama Lu, pada tahun 1999, mengatakan bahwa pengertian suara (audio) adalah  sesuatu yang disebabkan perubahan tekanan udara yang menjangkau  gendang telinga manusia. Sedangkan berdasarkan pakar yang lain, bernama Andleigh, pada tahun 1995, mengatakan jika frekuensi tekanan udara berada pada jarak 20 sampai 20.000 Hz, telinga manusia mengidentifikasi sebagai suara. Jika suara diperdengarkan lebih cepat dari saat direkam maka akan menyebabkan suara menjadi abnormal.
Format Audio
Audio atau suara memiliki beberapa format yang berbeda-beda tergantung dari penggunaan platformnya. Masing-masing format biasanya diikuti dengan perbedaan struktur berkas yang membentuk audio tersebut. Sebagai contoh kita bias lihat beberapa format audio dibawah :

1. AAC ( Advance Audio Codec ) : adalah format audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group ( Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia dan AT&T ) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik.

2. AIFF ( Audio Interchange File Format ) : merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.

3. MP3 ( MPEG-1/2 Audio Layer 3 ) : adalah format audio yang paling populer. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembali lagi aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG ( lihat format video) dan dapat berjalan di semua platform.

4. RA (Real Audio) : adalah codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via internet secara real time.

5. WAV ( Waveform Audio Format ) : adalah standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV dan juga merupakan salah satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.

6. WMA ( Window Media Audio ) : merupakan salah satu format audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.

7. MIDI ( Musical Instrument Digital Interface ) yaitu file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar peranti elektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.

Cara Membuat Sound Track Slide Show PowerPoint Microsoft Office

cara membuat suara latar slide dapat dilakukan sebagai berikut:
1.      Klick Animation pada menu
2.      Klick atau expand transition sound
3.      Klick salah satu sound atau suara sebagai soundtracknya slide yang diinginkan
PEMAHAMAN TENTANG VIDEO DAN CARA MENGOLAHNYA
Video atau film adalah rangkaian banyak frame gambar yang diputar dengan cepat. Masing-masing frame merupakan rekaman dari tahap-tahapan dari suatu gerakan. Kita sebagai manusia tidak dapat menangkap jeda antar frame yang diputar dengan kecepatan tinggi, karena rata-rata kecepatan diatas 20 frame per detik.

Jenis-jenis Video
Video dapat dibedakan menjadi 2, antar lain:
1. Video Analog
    Gambar dan audio (suara) direkam dalam bentuk sinyal magnetik pada pita magnetik.
2. Video Digital
    Serupa dengan video analog, gambar dan suara digital direkam pita magnetik. Tetapi menggunakan sinyal digital berupa kombinasi angka 0 dan 1.

Format Data Video
Video Analog : VHS, S-VHS, Beta, Hi-8
Video Digital : Digital 8, AVI, Mov, MPEG 1 (VCD), MPEG 2 (DVD) DV, MPEG 4 dan lainnya
Cara Membuat Video Dari Foto (Membuat Foto Menjadi Video Menggunakan Windows Movie Maker)
Prosedur untuk membuat video dari foto
1. Siapkan beerapa file foto format jpg atau bmp
2. Siapkan lagu mp3 untuk jadi background video clip

Windows movie maker memiliki keterbatasan, tidak dapat mengenali  file audio atau lagu mp3 . Agar lagu mp3 dapat disisipkan maka harus dikonversi ke format wav, bisa dilhat panduannya disini 
konversi mp3 menjadi wav

3. Buka aplikasi windows movie maker
Pilih Import pictures , masukkan gambar atau foto
4. Di task window pilih gambar macan kemudian Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar
Klik kanan kemudian pilih Add to Storyboard
5. Tambahkan video effects
Ada beberapa cara
a. secara manual pilih efek yang ada di task window kemudin drag ke story board satu persatu
b. pilih semua gambar yg ada di storyboard  (gunakan Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar)
Klik kanan di video efek yang ada  di task window pilih add to storyboard (lihat gambar langkah 4)

6. Video transition
Ada beberapa cara
a. secara manual pilih video transisi yang ada di task window kemudian drag ke story board satu persatu
b. pilih semua gambar yg ada di storyboard  (gunakan Ctrl+A untuk memilih otomatis semua gambar)
Klik kanan di video transitions  yang ada  di task window pilih add to storyboard (lihat gambar langkah 4)

7. Selanjutnya import audio or music , bisa dilihat panduannya disini  Memasukkan lagu ke video clip
8. Tambahkan title dan kredit
9. Klik Save to my computer untuk menyimpan file video clip.
Ikuti saja option defaultnya, Kemudian Next -next hingga finish.




“PENGOLAHAN UNSUR-UNSUR MULTIMEDIA KE ARAH PERCETAKAN DAN IKLAN”

Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.
Kegiatan di percetakan itu adalah bagian dari multimedia khususnya bidang desain grafis. Desain grafis akan sangat berperan dalam percetakan, unsur unsur akan diolah dalam percetakan yaitu gambar dan teks.
Meskipun hanya 2 unsur, tetapi desain grafis memerlukan tingkat kreativitas, semuanya dimulai dari ide, desain, lalu ke mesin cetak.
Beberapa perangkat yang mengolahnya :
Ø  Corel Draw
Ø  Photoshop
Ø  Indesign


PENGOLAHAN UNSUR-UNSUR MULTIMEDIA KE ARAH PERTELEVISIAN
Pertelevisian meliputi : iklan, film, berita, dan seluruh hiburan digital lainnya. Berbeda dengan percetakan, pada pertelevisian unsur unsur yang digunakan akan lebih lengkap antara lain:
Ø  Teks
Ø  Animasi
Ø  Graphics
Ø  Video
Ø  Audio
Pengolahan unsur unsur diatas akan dikombinasikan untuk keperluan pembuatan film, iklan, berita dan lain lain, oleh karena itu teknik multimedia sangat diperlukan bagi orang orang yang bergelut didalamnya
Beberapa perangkat yang biasanya digunakan yaitu:
Ø  Windows Movie Maker
Ø  CamStudio


PENGOLAHAN UNSUR-UNSUR MULTIMEDIA KE ARAH PENDIDIKAN
Dunia pendidikan sangat mengharapkan kehadiran media pembelajaran yang bermutu tinggi untuk meningkatkan kulaiti pendidikan. Kehadiran media seperti ini tidak bermakna kehilangan peranan guru  sebagai penentu jalan proses pengajaran dan pembelajaran. Namun, kehadiran media pembelajaran yang berkesan boleh membantu mempertingkatkanlagi mutu pengajaran dan pembelajaran. Kehadiran teknologi multimedia memberi harapan baru dalam era pendidikan kerana media pembelajaran ini mempunyai keupayaan yang tidak diperoleh oleh media lain sebelum ini.
Unsur unsur yang diolah dalam pendidikan diantaranya:
Ø  Teks
Ø  Animasi
Ø  Graphics
Ø  Video
Ø  Audio


“PENGOLAHAN UNSUR-UNSUR MULTIMEDIA KE ARAH BISNIS”
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Unsur-unsur yang diolah dalam bisnis diantaranya:
Ø  Teks
Ø  Animasi
Ø  Graphics
Ø  Video
Ø  Audio 


SUMBER:






0 Comments
Tweets
Comments

0 komentar:

Posting Komentar